Home » , , , » Apa Penyebab Baterai Kembung, Bisakah Diperbaiki?

Apa Penyebab Baterai Kembung, Bisakah Diperbaiki?

Written By Admin on Kamis, 12 Maret 2015 | 03.23.00


Apa Penyebab Baterai Kembung, Bisakah Diperbaiki?

Sebelum anda menanyakan apakah bisa baterai gadget yang sudah kembung diperbaiki?

Haiteknos - Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, berikut kami paparkan penyebab baterai kembung pada sebuah gadget, baik itu smartphone, tablet atau laptop prinsipnya sama.


Ada baiknya anda mengetahui hal-hal berikut ini.
Setiap baterai digunakan atau dicharge, terjadi reaksi kimia di dalamnya, dan salah satu hasil reaksi kimia tersebut adalah terbentuknya gas. Gas yang berlebihan akan membuat baterai mengembung.

Nah reaksi kimia yang berupa gas terjadi disebabkan oleh suhu panas yang berlebihan. Suhu panas bisa ditimbulkan oleh banyak sebab misal pemakaian yang melebihi kapasitas spesifikasinya atau menggunakan bersamaan dengan mengisi ulang secara berlebihan dan sering. Juga saat ketika gadget diisi ulang / charge. Baterai akan membutuhkan daya yang lebih besar sewaktu di isi ulang efeknya pasti menghasilkan panas Itulah kenapa baterai akan jauh lebih panas sewaktu di isi ulang.

Penyebab baterai kembung dan bagaimana pencegahannya.
  • Isi ulang yang berlebihan, over charge, hindari kebiasaan baterai di isi ulang sepanjang malam. Hal tersebut banyak terjadi, kebiasan pengguna gadget mengisi ulang gadget mereka sebelum tidur lalu mencabutnya saat bangun di pagi hari.
  • Digunakan saat mengisi ulang, bukan tidak boleh namun jika indikator baterai telah 100% cabutlah kabel isi ulang baterainya. Ada baiknya dikurangi atau jangan sering-sering, syukur-syukur kebiasaan ini ditinggalkan guna memperpanjang umur baterai tersebut.
  • Digunakan sampai benar-benar habis, sering digunakan sampai gadget mati sendiri karena kehabisan baterai. Hindari pemakaian tanpa mengindahkan peringatan baterai low, begitu baterai pada indikator memerah atau dibawah 10% segara isi ulang. Tidak hanya baterai yang bisa rusak namun perangkat anda pun bisa menyusul, karena di kala baterai low semua komponen pada perangkat gadget anda kekurangan asupan daya dalam bekerja, jika sering kekurangan otomatis ya ikutan rusak.

Apakah baterai yang kembung dapat di perbaiki?
Baterai yang sudah kembung, tidak dapat diperbaiki. Dan jangan mencoba berusaha mengempiskannya, misalnya dengan cara menekan atau menusuk bagian yang kembung. Cara tersebut sangat beresiko dan tidak disarankan karena bisa berbahaya. Akibat dari penekanan atau penusukan baterai bisa bocor, efeknya bisa menyebabkan baterai terbakar.

Kesimpulannya baterai yang sudah kembung, memang sudah waktunya untuk segera diganti. Pilihlah baterai originalnya atau yang asli sebagai penggantinya, sesuai dengan baterai merek gadget anda.

Baterai original lebih menjamin perangkat yang kita gunakan mendapat asupan daya listrik sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikannya.

Semoga ulasan ini dapat membantu

Catatan : Tidak ada jaminan valid pada data info properti atau harga yang tercantum diatas, bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di atas, terimakasih harap maklum.
* Tips untuk calon penyewa hati-hati terhadap penipuan, jangan percaya uang panjer / deposit / DP baca selengkapnya disini
* Jika propeti anda sudah laku / tersewa atau ingin menutup / edit bisa di konfirmasikan disini



loading...