Home » , » Mau Kuliah Gratis dari Inggris

Mau Kuliah Gratis dari Inggris

Written By Admin on Senin, 15 Desember 2014 | 06.37.00


Mau Kuliah Gratis dari Inggris

Kalau jaman dulu mungkin akan sangat membanggakan bisa kuliah diluar negeri, karena sangat ajaib, tidak semua orang mempunyai kesempatan tersebut. Hemm... jangan bersedih untuk sekarang ini kesempatan tersebut jauh lebih terbuka lebar, tidak harus menjadi anak orang kaya atau jenius lalu mendapatkan beasiswa untuk mengeyam pendidikan perguruan tinggi di luar negeri. Kali ini semuanya bisa melakukan, tinggal bagaimana kita punya niat, nih ada informasi menarik, ada penawaran kuliah dari beberapa universitas ternama di Inggris GRATIS pula.


Negeri ratu Elizabeth, Inggris membuka program kuliah online gratis, tak tanggung-tanggung sebanyak lebih dari 20 universitas menawarkan kuliah secara online, siswa akan dapat mengikuti kursus dengan menggunakan tablet atau smartphone yang mereka punya dengan berbagai aplikasi yang ada seperti iPad atau Android.

Kuliah online, yang disebut FutureLearn, bakal menempatkan sejumlah perguruan tinggi di Inggris memasuki pasar global yang disebut Moocs atau kuliah online massal terbuka. Pengajaran melalui online ini, menurut Menteri urusan universitas, David Willets, merupakan "revolusi terhadap cara convensional dalam model pendidikan resmi."

Dalam pidatonya di British Library, Willets mengatakan perluasan akses ke dunia pendidikan tinggi saat ini tidak lagi terkungkung dalam ruangan sebuah gedung kampus.

"Ini revolusi terhadap cara convensional dalam model pendidikan resmi."

Program FutureLearn ini, sambungnya, juga akan meakomodasi permintaan masyarakat dunia yang belum terpenuhi atau terjamah oleh program pendidikan tinggi di universitas, utamanya para siswa di luar Inggris. Kuliah melalui internet yang melibatkan 21 perguruan tinggi di Inggris, ditambah Trinity College Dublin dan Monash University di Australia, menawarkan program studi yang akan diajarkan dan dinilai melalui jaringan internet secara online.

Berikut sejumlah universitas di Inggris yang melibatkan diri dalam program kuliah online ini, diantaranya:
  • Birmingham University 
  • Sheffield University 
  • Leeds University 
  • Nottingham University 
  • Warwick University 
  • Bristol University 
  • Reading University 
  • Southampton University 
  • Open University of England
Sementara, British Library, British Museum dan British Council yang akan membuat materi kurikulum pengajaran untuk para siswa.

Proyek kuliah online ini, diperkenalkan setelah adanya tren penurunan jumlah siswa yang terdaftar di tahun ajaran baru pada beberapa universitas-universitas yang ada di Inggris, terhitung sejak tahun 2012. Menurut data yang ada, hanya 54.000 mahasiswa yang mulai kuliah pada tahun pertama 2012, hal ini kemungkinan karena adanya kenaikan biaya kuliah sebesar 300% menjadi £9.000 per tahun.

Sedangkan tren kuliah melalui internet meningkat tajam di Amerika Serikat dengan mata kuliah yang disebut Massive Open Online Courses atau MOOC. Proyek kuliah online yang ditawarkan oleh beberapa universitas ternama di negeri paman Sam ini, termasuk Harvard, Stanford dan MIT, menarik minat jutaan mahasiswa tidak hanya di Amerika Serikat sendiri tapi sampai keseluruh dunia.

Proyek semacam ini diharapkan dapat menjangkau lebih luas dan menjaring lebih banyak mahasiwa yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang jauh lebih terjangkau, efisien dan murah.

Nah kenapa hal ini tak terfikir oleh perguruan tinggi yang ada disini, atau pemerintah kita yang harus mencoba memulainya? tapi apakah infrastruktur dan biaya jaringan internet di negeri kita sudah cukup memadahi untuk melakukan program tersebut..., mari kita bantu doa semoga Indonesia segera menyusul.

Nah sekarang siapa nih yang mau daftar..., info lengkapnya kunjungi sumbernya bbc.co.uk

Catatan : Tidak ada jaminan valid pada data info properti atau harga yang tercantum diatas, bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di atas, terimakasih harap maklum.
* Tips untuk calon penyewa hati-hati terhadap penipuan, jangan percaya uang panjer / deposit / DP baca selengkapnya disini
* Jika propeti anda sudah laku / tersewa atau ingin menutup / edit bisa di konfirmasikan disini



loading...